Simak Cara Mengobati Kepala Pusing Secara Alami Berikut

Person Holding Plastic Bottle

Pexels.com

Pusing adalah suatu ketidaknyamanan pada kepala tanpa rasa sakit dengan banyak kemungkinan penyebab termasuk gangguan penglihatan, otak, keseimbangan (vestibular) sistem telinga bagian dalam, dan sistem pencernaan. Pusing adalah istilah medis yang tidak jelas yang digunakan orang awam untuk menggambarkan berbagai kondisi mulai dari sakit kepala ringan, kegelisahan hingga vertigo. Makanan dan nutrisi tertentu dapat membantu meringankan gejala pusing. Bagi Anda yang ingin mengobati kepala pusing secara alami, simak informasi di bawah ini.

Cara Mengobati Kepala Pusing Secara Alami

1. Air

Dehidrasi adalah penyebab umum pusing. Jika Anda merasa lelah dan haus dan jarang buang air kecil saat Anda pusing, cobalah minum air putih dan tetap terhidrasi.

2. Jahe

Jahe dapat membantu meringankan gejala mabuk perjalanan dan pusing. Ini juga dapat membantu mengobati mual pada wanita hamil. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam berbagai bentuk. Tambahkan jahe segar atau bubuk ke dalam diet Anda, minum teh jahe, atau minum suplemen jahe. Namun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen apa pun, meskipun itu alami. Suplemen dapat mengganggu kondisi medis lain yang Anda miliki atau obat yang Anda minum.

3. Vitamin C

Menurut Meniere’s Society, mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi vertigo jika Anda memiliki penyakit Meniere. Makanan yang kaya vitamin C meliputi : jeruk, anggur, stroberi, paprika.

4. Vitamin E

Cara mengobati kepala pusing secara alami selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi vitamin E. Vitamin E dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah Anda. Ini dapat membantu mencegah masalah sirkulasi. Vitamin E dapat ditemukan di :

bibit gandum, biji, buah kiwi, bayam.

5. Vitamin D

Vitamin D telah terbukti membantu Anda meningkat setelah serangan BPPV.

6. Zat Besi

Jika dokter berpikir Anda menderita anemia, mereka mungkin mendorong Anda untuk mendapatkan lebih banyak zat besi. Zat besi dapat ditemukan dalam makanan seperti :

daging merah, unggas, kacang polong, sayuran hijau gelap.

Latihan dan praktik gaya hidup

Ketika Anda mulai merasa pusing, berbaring sesegera mungkin bisa membantu. Jika Anda memiliki kasus vertigo yang parah, tutup mata Anda saat berbaring. Jika Anda kepanasan, dapatkan minuman dingin dan pindah ke area teduh. 

– Manuver Epley

Manuver Epley, yang dapat Anda lakukan di rumah, adalah latihan yang dapat membantu mengobati pusing, terutama dari BPPV. Ini dirancang untuk mengusir kristal dari saluran telinga dan mengurangi pusing. Menurut Johns Hopkins Medicine, manuver Epley melibatkan langkah-langkah berikut :

  • Duduklah di tempat tidur dan putar kepala Anda setengah ke arah kanan.
  • Berbaring telentang sambil menjaga kepala Anda tetap. Sebuah bantal harus berada di bawah bahu Anda saja, dengan kepala bersandar.
  • Tahan posisi ini selama 30 detik.
  • Putar kepala Anda tanpa mengangkatnya sehingga terlihat setengah ke kiri. Tunggu 30 detik lagi.
  • Menjaga kepala Anda tetap, putar tubuh Anda ke kiri sehingga Anda berbaring miring. Tunggu 30 detik.
  • Duduklah di sisi kiri Anda.

– Kesadaran diri

Jika Anda cenderung pusing, beri tahu dokter Anda. Informasi itu dapat membantu ketika Anda menjalani perawatan. Jika Anda lebih sadar bahwa Anda mungkin jatuh atau kehilangan keseimbangan, Anda mungkin lebih siap untuk mencegah cedera. Jika Anda dapat mengidentifikasi apa yang memicu rasa pusing Anda, Anda dapat menghindari pemicunya.

– Akupunktur

Akupunktur dapat membantu mengobati kepala pusing secara alami. Akupunktur adalah praktik memasukkan jarum kecil dan tipis ke area kulit tertentu. Dalam sebuah studi, akupunktur tampaknya mengurangi gejala pusing.

– Terapi fisik

Jenis terapi fisik khusus yang disebut rehabilitasi vestibular dapat membantu. Terapi fisik juga dapat meningkatkan keseimbangan.

Sumber :

www.healthline.com

www.medicinenet.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>